Friday, March 30, 2012

Harga BBM Naik ? (Part III)

By : X Rovy Grey


ini pembahasan terakhir gue tentang kenaikan harga BBM , especially buat yang masih kekeuh gak mau harga nya dinaikin ..

Indonesia bukan lagi negara yang kaya minyak
bumi .. Indonesia memang sempat jadi negara kaya
minyak bumi , buktinya Indonesia bisa masuk ke 
negara'' pengekspor minyak bumi , OPEC . tapi itu dulu , pas tahun 2008 Indonesia keluar dari
OPEC karena Indonesia udah jadi negara importir
minyak bumi ..
FAKTANYA , produksi minyak mentah Indonesia
terus mengalami penurunan .. tahun 1996 Indonesia mampu produksi 485.
573.80 juta barel , sedangkan tahun 2010 cuma mampu produksi 300.923.30 juta barel .. artinya selama 10 tahun turun 184.650.5 juta barel .

kalo tren ini berlanjut terus sampe asumsi tanpa ada
penambahan titik cadangan minyak baru dan pola
konsumsi tetap sama , udah bisa dipastikan 10 tahun lagi minyak bumi Indonesia
habis , artinya kemungkinan anak'' kita bakal pake BBM MURNI IMPOR ..
Indonesia gak (sedikit) bergantung sama harga
minyak dunia .. analogikan gini deh , Negara=ibu , Rakyat=anak,
Pasar minyak dunia=pedagang es krim . kalo si anak butuh 13 mangkok es krim per hari
tapi si ibu cuma mampu buat 9 mangkok / harinya .
artinya ? ya 4 mangkok lagi si ibu beli ke pedagang es krim kan .. kalo si ibu ngebuat es krim cuma habiskan biaya Rp
.4500/mangkok ,
sedangkan pedagang es krim ngejual es krimnya dgn
harga Rp.9000 / mangkok . nah tapi si anak minta ke ibunya harus beli es krim ke
pedagang CUMA dengan harga 4500/mangkok , kalo si ibu nurutin kemauan si anak , apa gak konyol ??! ya diketawain orang banyak kan ..
memangnya siapa ibu itu sampai bisa maksa
pedagang es krim ngasih harga setengah dari
harga aslinya ? padahal si ibu bukan produsen dari es krim yg dijual
pedagang tersebut ..

ya gitu deh contohnya negara kita sekarang .. rakyat minta negara netapkan sendiri harga
minyak , padahal Indonesia aja belinya di pasar
minyak dunia . dan gak ada minyak Indonesia yang dijual disana , semua sudah habis dimakan sendiri .. trus apa power kita untuk netapkan harga minyak
dunia ? koplak kan ? bikin malu aja ..

premium Rp.6000 itu gak mahal .. kalo mikir itu mahal , coba deh beli BBM di Venezuela,Iran,Saudi
Arabia, Qatar,Kuwait,Abu Dhabi,dll . mereka yang punya harga BBM yg lebih murah
dari Indonesia , ya wajar karna mereka semua negara
produsen minyak bumi yang besar .. gak kayak Indonesia yang termasuk negara
pengimpor minyak , kalo boleh gue bilang rakyat yg nentang tuh gak tau diri ..
sudah sewajarnya harga BBM di Indonesia harus
dinaikkan .. liat Malaysia , keadaan perminyakannya gak jauh
beda sama Indonesia , sedikit lebih menang ..
mereka yang lebih kuat aja cuma berani ngasih harga Rp 5.753 untuk kelas premium .. dan kita masih berusaha untuk tetap di harga Rp.4500 ? sekali lagi gue bilang ini kesalahan pola pikir , GAK TAU DIRI ..
mau bergaya negara kaya padahal miskin , mungkin
ini memang karakter bangsa kita sekarang ..

BBM yang terlalu murah justru ngebuat kemungkinan penyelundupan yang makin besar .. selundupkan aja ke thailand , per liternya 12.000 , atau singapore tuh 15.000 .. keuntungan yang lumayan kan ? risiko kebocoran
yang sengaja kita buat sendiri gara'' harga yang
terlalu membedakan diri dengan tetangga ..

di sisi lain , penggunaan subsidi BBM yang boros banget .. ternyata dilakukan 53% mobil pribadi,
motor 40%,mobil barang cuma 4%,trus kendaraan
umum cuma 3% .. jadi , selama ini yg lebih banyak diuntungkan dengan
BBM murah itu mobil pribadi dan motor , bukan
transportasi umum .. bener'' kebijakan keliru yang lagi dipertahankan
sama sebagian rakyat kita yang mau mempertahankan
kenyamanannya (ego) ..
kenyamanan jangka pendek tepatnya . untuk jangka
panjang , bener'' buruk untuk kelangsungan hidup kita (apalagi anak cucu kita nanti) sbg manusia yg gak bisa lepas dr udara bersih ..
smakin murah BBM , smakin banyak kendaraan pribadi .. smakin banyak pula emisi yg dihasilkan . FAKTA nya , transportasi itu faktor terbesar pencemaran udara .. 90% total emisi hidrokarbon (HC) dan karbon
monoksida (CO) dan 76% total emisi pencemar oksida
nitrogen (NOx) .
jadi salah satu cara supaya emisi kendaraan bermotor
berkurang , selain ngetatkan uji emisi , ya naikkan harga BBM .. atau dengan kata lain , kurangin subsidi upaya
pencemaran udara , karena menyubsidi pencemaran udara sama aja kan kayak
ngebantu ngeracunin rakyat ..

jadi harus slalu ingat ya .. Pertamina cuma bisa
ngecukupin 70% kebutuhan BBM di Indonesia .. KENAPA ?
karena konsumsi BBM kita melebihi jumlah yang bisa
mereka pasok . KENAPA ? karena jumlah kendaraan di
Indonesia jauh lebih banyak dari jumlah kendaraan di
negara'' tetangga ... jadi 30% nya itu ya BBM Impor , ditombokin juga utang luar negeri .. yaah ujung'' nya subsidi lagi deh ..
ohya , demonstran bakar ban itu pake bensin gak sih ?? naah , gak mau BBM naik , tapi kok bensin dibuang buang gitu , gak masuk akal :D haha .. gak tau dah demonstran anarkis itu bisa ngerti apa kaga yang gue tulis selama ini tentang BBM .. gue kadang bingung , (oknum) mahasiswa itu pure ngebela rakyat miskin atau cuma lampiaskan kemarahan karna kuliah gak kelar'' ya ? hahaha .. jangan ngaku mahasiswa ya klo demo aja masih kayak preman .. klo tetep anarkis , kalian sama aja macam koruptor berdasi yang bajingan itu .

btw apa orang'' politikus itu pure nentang kenaikan BBM demi rakyat miskin atau ada ehem ehem lain ya ?
Megawati , bulan lalu setuju BBM naik .. skarang ? dia & seluruh aggt partai nya nentang .. persepsi yg ada sih , si bu mega mau cari simpati sebagai 'penyelamat rakyat' .. mau maju lagi di pilpres nanti bu ? hehe ..
Rieke Diah Pitaloka , waktu prtama kali jadi aggt DPR janji & BERSUMPAH bakal slalu ikut semua kebijakan pemerintah & mendukung penuh .. sekarang ? kenaikan BBM ditentang .. ehem eheemm (ʃ ˘з˘)
dan sidang di DPR tadi siang , gue taaaaambah bingung :o smua partai koalisi yg dulu MENDUKUNG kenaikan BBM , skarang jadi oposisi , MENENTANG .. hemm .. well , gue persepsikan mreka bener2 'menusuk dari belakang' , entah pure ngebela rakyat miskin atau pengen cari popularitas di kalangan rakyat kita dengan gelar 'juru selamat rakyat' .. gak ada kawan abadi disana , yang ada KEPENTINGAN PRIBADI .....

makanya susah , banyak munafik dari yang di munafikkan .. smua pada ambil kesempatan , bajingan berjas dimana mana .. didunia ini kebenaran tuh smakin dipandang rendah , semua bersandiwara .. jadi jangan ngerasa
benar kalo kita sendiri aja blom berlaku benar ..
pemerintah naikkan BBM katanya gak bener , tapi ngejarah Mc'd,bakar ban,blokir jalan,itu bener gak ? open ur mind dude , katanya orang banjar itu PUJUNGAN .. Tuhan ciptakan 2 mata supaya kita bisa ngeliat suatu permasalahan itu dari 2 sisi , jangan bisanya treak2 ''hidup mahasiswa!hidup mahasiswa!'' , lah ? sok ngomong KEBUTUHAN HIDUP , padahal hidupnya aja masih di biayain orang tua,absurd . untung afriyani si supir xenia maut udah dipenjara , klo masih berkeliaran abis tuh pendemo dijalan ..
tau gak ? kalo Universitas yg sering demo anarkis itu , almamaternya diblacklist sama
perusahaan'' besar , contohnya ASTRA .. karna perusahaan kayak gitu gak cuma butuh orang berintelektual , tapi juga yang BERMORAL .. walau intelek tapi kelakuan macam binatang , ngelamar kerja di perusahaan mana juga pasti bos nya mikir 7x mau nerima .. katanya bela orang miskin , tapi orang miskin malu bro dibela dengan cara anarkis gitu , seolah olah mereka itu gak ada artinya .

trakhir , jangan terlalu cepat cerna semua berita di media apalagi broadcast BB ya , soalnya info nya terkadang lebay . udah ya gak perlu demo , there's nothing
you can do about it ..
-regards-

sory kalo tulisan & kritikan gue slama ini 'pedas' , gue gak suka sandiwara , ya apa adanya .. thanks buat temen'' yg request & copas smua tulisan gue ke blog,broadcast,kaskus,twitter,dll nya ya .. gue sebenernya benci politik , tapi karna gue banyak opini ttg masalah ini , yaudah gue kluarin smuanya .. apalagi gue ironis banget ngeliat tokoh'' budayawan,dll yang banyak fans nya , malah kayak menyerang pemerintah , harusnya dia bisa untuk netralisir .. makanya tadi gue lgsg unfollow twitter nya mbah sudji*ehem* tej*ehem* .
buat yg ngajak debat di inbox , klo kalah argumentasi plis calm down ya , gak usah pake caps lock nulisnya , ktahuan bgt loh terguncyang nya ..
inget ya , gue bukan orang pintar , gue bukan org ber IQ / intelektual tinggi , gue bukan politikus,ekonom,anak FISIP,dsb , tapi seenggaknya gue masih punya AKAL SEHAT & MORAL , sesuai apa yg diajarkan orang tua gue & agama tentunya .
sory ada salah kata , peace love and respect ( ˘ з˘ )-c<ˇ_ˇ")
(risih -> remove,copas -> tag).

2 comments:

  1. kamu ini masih kecil ya? idealismenya masih tinggi, saya dulu juga begitu, sayang dengan berjalannya waktu saya sudah capai menentang arus, saya sendiri tidak keberatan bbm dijual 20 ribu perliter jika saja penghasilan saya 800juta/tahun seperti pekerjaan tukang tukang dieropa, saya tidak keberatan naik sepeda listrik atau memakai ac hanya 3 jam perhari dirumah, tapi apakah satpam mau ngerti kalau iurannya ga naik? aqua indomie, iuran ini itu, pajak gaji, PLN, beras, sayur sampai cabai juga bisa ga naik? kadang saya berpikir mending tinggal dihutan saja, semua kebutuhan kita yang tentukan sendiri, saya heran manusia modern perlu belajar 16 tahun hanya sekedar buat kerja cari makan? dan hidup tidak semakin lebih baik

    ReplyDelete
  2. oya saya tambahkan, sebetulnya ada dua kelompok rakyat di indonesia, pertama orang miskin betulan yang tidak bisa punya pilihan membiarkan orang kaya menikmati subsidi bbm murah agar harga kebutuhan pokok dan biaya biaya tidak ikut naik, buat mereka ini adalah hal yang riil dari pada janji pemerintah yang menaikan bbm dengan iming iming sekian ratus ribu rupiah hanya untuk 3 bulan.
    kedua, orang kaya yang berteriak-teriak dan pura pura miskin, dan memanfaatkan ketidakpercayaan orang miskin kepada pemerintah, tipikal oportnistis yang kelewatan, contohnya menyekolahkan anaknya disekolah elit tetapi berpura pura jadi orang miskin agar dapat potongan biaya sekolah.

    ReplyDelete