Thursday, April 15, 2010

Trouble is a Friend

Kita semua sepakat bahwa masing-masing individu mempunyai masalah dalam kehidupannya. Masalah terhadap diri sendiri baik secara raga ataupun batin, juga permasalahan dengan orang lain dan bahkan kita kerap kali membuat permasalahan dengan melanggar perintah Tuhan.

Datangnya permasalahan yang silih berganti membuat banyak insan tak bisa membentengi diri, mata berlinang, kehilangan kontrol, dan frustasi. Syukur alhamdulillah mayoritas insan korban permasalahan mempunyai sifat sabar yang tinggi, sehingga banyak diantara mereka yang kemudian tangguh, pantang menyerah dan selesaikan masalah sebagaimana mestinya. Namun na'udzubillah tidak sedikit dari mereka yang mengakhiri permasalahannya dengan membuat permasalahan baru dengan Tuhan, salah satunya terjun bebas dari gedung yang paling tinggi.

Terlalu seringnya permasalahan menghinggapi kehidupan, Lenka, seorang penyanyi wanita asal Australia menuangkannya dalam sebuah lagu yang berjudul "Trouble is a Friend". Dalam lyricnya, digambarkan bahwa Kemanapun kita pergi, secepat dan selambat apapun kita melangkah permasalahan akan tetap setia mengikuti seperti halnya kesetiaan seorang teman.

Kita kadang terlalu lebay (terlalu melebihkan - meminjam kosa kata ABG jaman sekarang) dalam menyikapi permasalahan yang ada. Kita merasa takut dan tidak yakin bahwa kita bisa menyelesaikannya, sehingga kata menyerah datang lebih awal menghampirinya. Namun di sisi lain, kadang kita terlalu meremehkan suatu permasalahan dan menundanya sehingga ketergesaanpun akhirnya menyeretnya ke dalam jurang kegagalan.

Mari kita berfikir lebih jernih dalam menyikapi sebuah permasalahan. Walaupun wujudnya sebagai beban, namun dengan menjadikannya teman, kita akan lebih mudah dalam mengatasinya, karena kitapun tahu apa yang diinginkan oleh teman. Bahkan, Tuhan sebagai pemilik wewenang atas jagad raya inipun tidak akan memberi masalah yang melebihi kemampuan hambaNya untuk mengatasinya.

Yakinlah bahwa semua permasalahan pasti ada jalan penyelesainya, sehingga kita tidak akan mengenal kata menyerah. Jika segala upaya telah kita lakukan dan masalah tak kunjung usai pasrahkan kepada Tuhan dan Ia akan menyelesaikannya dengan cara terbaik menurut-Nya dan pada jadwal-Nya

No comments:

Post a Comment